Quotes of The Day

Selalu ada kendala di dalam setiap usaha. Satu-satunya hal yang tidak memiliki kendala adalah tidak melakukan apa-apa.

Thursday, September 15, 2016

Biologi Sel

Biologi Sel
Biologi sel (juga disebut sitologi, dari bahasa Yunani kytos, "wadah") adalah ilmu yang mempelajari sel, salah satu dari cabang-cabang biologi. Hal yang dipelajari dalam biologi sel mencakup sifat-sifat fisiologis sel seperti struktur dan organel yang terdapat di dalam sel, lingkungan dan antaraksi sel, daur hidup selpembelahan sel dan fungsi sel (fisiologi), hingga kematian sel. Hal-hal tersebut dipelajari baik pada skala mikroskopik maupun skala molekular, dan sel biologi meneliti baik organisme bersel tunggal seperti bakteri maupun sel-sel terspesialisasi di dalam organisme multisel seperti manusia.

1. Anatomi Sel
    Sel adalah struktur terkecil dari makluk hidup yg dapat mengatur aktivitas kehidupan sendiri.

    Struktur sel

  • Membran sel, lapisan terluar dari sel
  • Sitoplasma, cairan sel
  • Nukleoplasma, cairan inti sel
  • Nukleus, inti sel
  • Nukleolus, anak inti sel
  • Organel, struktur dalam sitoplasma yg mempunyai fungsi tertentu
  • Membran inti, lapisan/pembungkus inti sel
  • Mitokondria, untuk metabolisme
  • Ribosom, tempat sintesa protein
  • Retikulum endoplasma, untuk transportasi
  • Lisosom, tempat sintesa enzim
  • Badan Golgi, untuk sekresi sel
  • Vakuola, untuk penyimpanan
  • Membran sel, pelindung
  1. Mencari dan mendapatkan O2 serta zat gizi dari lingkungan internalnya.
  1. Membuang zat sisa dan CO2 yang dihasilkan dari adanya reaksi kimia.
  1. Melakukan berbagai reaksi kimia sedemikian rupa yang kemudian merubah O2 dan dan zat-zat gizi menjadi energi bagi sel.
  1. Sensitif dan responsif akan perubahan di lingkungan sekitar sel.
  1. Sebagian besar sel dapat bereproduksi hingga apabila terjadi kerusakan pada sel, maka bisa diganti dengan sel yang baru.
  1. Melakukan kontrol terhadap pertukaran zat yang terjadi antara sel dan lingkungan internal.

    Prinsipnya

  1. Sel membelah secara mitosis ditujukan untuk membentuk sel yang sama dengan induknya Jika modal sel itu 2 n maka hasil sel anakannya juga 2 n , maka baik sel lama dan baru sifatnya sama sehingga sudah dipastikan pembelahan mitosis ini mampu membentuk Jaringan (kumpulan sel yang bentuk ukuran dan sifat fun gsinya sama).
  1. Sel membelah secara mitosis terjadi pada sel tubuh (sel somatik ) tentu menjadikan sel menjadi banyak, sifatnya sama sehingga terjadi pertumbuhan . contoh yang terlihat panjangnya rambut setelah dicukur , kuku yang senakin panjang terlihat jelas bahwa ditubuh terjadi Mitosis.
  1. Sel tubuh atau sel somatik (2n) adalah sel yang terbentuk dari Zygot hasil fertilisasi dua sel kelamin yang masing masing haploid (n) , dimana zygot itu kemudian melaksanakan mitosis terus menerus membentuk Morula , Blastula dan Gastrula yang kemudian sampai di stadium Gastrula sel melakukan Defrensiasi dan specialisasi sehingga terbentuk jaringan yang berbeda, membentuk organ yang berbeda dan membentuk organisnme ( tubuh mahkluk hidup).
  1. pada tanaman pembelahan mitosis terlihat pada panjangnya akar melebarnya daun serta memanjang dan melebarnya batang , bertambah besarnya buah.
  1. Mitosis di tubuh pada mahkluk hidup terjadi pada semua usia baik bayi , muda dewasa maupun pada orang yang tua hanya kecepatan membelahnya yang mungkin berbeda . Ini berarti pada Miosis hanya terjadi ketika ia dewasa ( Puber / Akil balik)
  1. Mitosis diawali dengan keadaan sel yang telah tumbuh membesar ( G2) kemudian terjadi fase Mitotik ( membelah secara mitosis) terbentuk 2 sel yang berukuran kecil , dimana 2 sel yang terbentuk itu sama sifatnya seperti induknya ( induknya 2n - sel anakan yang terbentuk 2n ) sel yang berukuran kecil (G1) itu kemudian tumbuh (terjadi Fase Sintesa) sehingga ukuran menjadi besar lagi (G2) kemudian membelah lagi begitu seterusnya
  1. Fase G1 menuju fase G2 melalui fase S itu kita sebut dengan Interfase ( fase istirahat tidak membelah) tetapi sebenarnya terjadi sintesa organik /sintesa organela / replikasi DNA dan hal hal yang berhubungan dengan aktivitas hidup sel sehingga sel tumbuh membesar dengan ditandai terkumpulnya energi perbanyakan DNA sehingga siap membelah lagi secara mitosis ( fase M)
  1. Jadi antar Mitosis ke satu dengan Mitosis yang ke dua terdapat Jeda pembelahan yang disebut Interfase OK
  1. Berarti jika sel membelah secara mitosis dengan 3 X interfase jumlah selnya sudah 8 , dimana 8 sel itu mempunyai sifat yang sama dengan induknya / dengan sel yang sebelumnya , mempunyai kemampuan membelah lagi , mempunyai kromosom yang 2 n dan bisa membentuk jaringan
  1. Dalam Mitosis ( sel tubuh membelah ) mempunyai 4 tahapan PMAT yaitu Profase , Metafase , Anafase dan Telofase
  1. Paling lama dari ke empat fase pada Mitosis adalah Profase , dan paling cepat adalah Anafase
  1. Interfase tidak termasuk Mitosis karena Interfase adalah keadaan sel tidak membelah , sel hanya menyiapkan energi dll untuk membelah
  • Jadi Semua sel somatik dalam suatu organisme multiselular berasal dari satu sel, yaitu zigot,
  • Melalui proses pembelahan yang disebut mitosis.
  • Fungsi mitosis mula-mula membentuk salinan yang sama dari tiap kromosom yang kemudian melalui pembelahan sel asal (induk), mendistribusikan suatu set kromosom yang identik kepada kedua sel anak.

      Organel sel


2. Fungsi Sel
    Sel mempunyai fungsi masing-masing demi menjaga kelangsungan mahluk hidup atau organisme tersebut. Sel mempunyai fungsi yang baik secara umum maupun secara khusus. Dan berikut ini adalah fungsi – fungsi dari sel :
Fungsi Sel Secara Umum :
    Selain fungsi secara umum, sel juga memiliki fungsi khusus namun fungsi khusus itu hanya terjadi pada organisme multisel, seperti pada manusia.
Contoh fungsi khusus sel pada tubuh manusia adalah : Sel otot bisa membuat gerakan intrasel.

3. Reproduksi Sel
    a. Amitosis
        Amitosis adalah reproduksi sel di mana sel membelah diri secara langsung tanpa melalui tahap-       tahap pembelahan sel. Pembelahan cara ini banyak dijumpai pada sel-sel yang bersifat prokariotik,       misalnya pada bakteri, ganggang biru.
    b. Mitosis
        Mitosis adalah cara reproduksi sel dimana sel membelah melalui tahap-tahap yang teratur, yaitu      Profase-Metafase-Anafase-Telofase. Antara tahap telofase ke tahap profase berikutnya terdapat          masa istirahat sel yang dinamakan Interfase (tahap ini tidak termasuk tahap pembelahan sel). Pada      tahap interfase inti sel melakukan sintesis bahan-bahan inti.

   Profase
   pada tahap ini yang terpenting adalah benang-benang kromatin menebal menjadi kromosom dan          kromosom mulai berduplikasi menjadi kromatid.
   Metafase
   pada tahap ini kromosom/kromatid berjejer teratur dibidang pembelahan (bidang equator) sehingga      pada tahap inilah kromosom /kromatid mudah diamati dan dipelajari.
   Anafase
   pada fase ini kromatid akan tertarik oleh benang gelendong menuju ke kutub-kutub pembelahan sel.
   Telofase
   pada tahap ini terjadi peristiwa kariokinesis (pembagian inti menjadi dua bagian) dan sitokinesis             (pembagian sitoplasma menjadi dua bagian).

   c. Meiosis (Pembelahan Reduksi) adalah reproduksi sel melalui tahap-tahap pembelahan seperti              pada mitosis, tetapi dalam prosesnya terjadi pengurangan (reduksi) jumlah kromosom.
       Meiosis terbagi menjadi dua tahap besar yaitu Meiosis I dan Meiosis II Baik meiosis I maupun             meiosis II terbagi lagi menjadi tahap-tahap seperti pada mitosis.

4. Reproduklsi Sel Mitosis


    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments